Hanyff Notebook Bekasi Call Us: 081284400303

Tips Sampah yang Bikin Ngakak!

Laptop bermasalah


Saat kita menyalakan laptop tentu kita berharap laptop menuruti keinginan kita...booting dan nyala normal ke windows...
Tapi olala....ternyata laptop menunjukkan tanda-tanda kehidupan dengan indikator lampu-lampu yang normal...tapi tidak tampil di layar.....tentu keringat dingin langsung keluar..tapi jangan buru-buru memvonis bahwa laptop kita harus di lembiru (alias beli baru...atau laptop ngambek karena kita kurang menghargainya....hehehe)
Pertama-tama kita coba menenangkan hati kita...lalu memulai lagi aktifitas dengan rasa ingin tahu....untuk mencoba pertolongan pertama...
Kalau tetap gak nyala juga, coba bersihkan RAM dengan karet penghapus...bila sama juga coba koneksikan dengan monitor eksternal....bila OK berarti perangkat display bermasalah...coba lihatah dengan lebih teliti...andai ada tanda-tanda kehidupan dan di LCD gelap maka vonisnya tersangkanya diantara antara kabel fleksibel, lampu neon LCD, inverter atau mainboard yg mensuplai inverter bermasalah....maka perlu pengujian tingkat advance (bisa juga dibawa ke tempat saya....hehehe sekalian promosi).
Kalau ternyata di layar monitor juga tetap tidak nyala...coba pencet Fn+F? (untuk menyalakan layar eksternal di tombol)....bila tetap mati pula....maka vonisnya patut diarahkan ke masalah mesin (board) laptop....bisa VGA, BIOS, Chipset dan etc lainnya...(alias perlu penanganan yang lebih ahli....pada tulisan selanjutnya akan dibahas mengenai inverter untuk semua laptop (generik)
(fathonie@2010)

1 komentar:

bajil eko bj x cah lereng Lawu mengatakan...

gan gimana kalo tanda2 indikator lampu tak ada yg mau nyala , padahal tadi sore masih baik2 aja !!!!! kira2 apa masalahnya

Posting Komentar